Selasa, 25 Januari 2011

KIAMAT DALAM PERJANJIAN LAMA

Peperangan, Penghukuman, Melawan Bangsa – bangsa Penyembah Berhala


Perlu anda Ingat bahwa dalam perjanjian Lama, tanda – tanda kedatangan Tuhan tidak pernah di katakan dalam bentuk nyata, tetapi selalu dalam bentuk harfiah. Hari –hari kedatangan Tuhan selalu dikatakan dalam bentuk penghukuman terhadap umat manusia, suatu bangsa atau pun suatu kota Bahkan juga “peperangan” melawan bangsa – bangsa yang melawan Allah. Selalu di lambangkan dengan Penghancuran dan penghukuman:

“Wahai, hari itu! Sungguh, hari TUHAN sudah dekat, datangnya sebagai pemusnahan dari Yang Mahakuasa.”(Yoel 1:15)

Bahwa perbuatan para pendosa mendapatkan hukuman ke atas mereka:
”Sebab telah dekat hari TUHAN menimpa segala bangsa. Seperti yang engkau lakukan, demikianlah akan dilakukan kepadamu, perbuatanmu akan kembali menimpa kepalamu sendiri.” (Obaja 1:15)

Kedatangan Tuhan di tandai dengan kemarahan kepada bangsa yang menyangkal dan tidak mengakui-Nya:
Bersemangatlah dan berkumpullah, hai bangsa yang acuh tak acuh, sebelum kamu dihalau seperti sekam yang tertiup, sebelum datang ke atasmu murka TUHAN yang bernyala-nyala itu, sebelum datang ke atasmu hari kemurkaan TUHAN. Carilah TUHAN, hai semua orang yang rendah hati di negeri, yang melakukan hukum-Nya; carilah keadilan, carilah kerendahan hati; mungkin kamu akan terlindung pada hari kemurkaan TUHAN.(Zefanya 22:1-3)

Hari tuhan dalam perjanjian lama juga di lambangkan dengan pembalasan kepada bangsa – bangsa yang tidak mengenal Allah Seperti mesir:
Yeremia 46:2,10:
46:2: Mengenai Mesir. Terhadap tentara Firaun Nekho, raja Mesir, yang berkemah di tepi sungai Efrat dekat Karkemis dan yang dipukul kalah oleh Nebukadnezar, raja Babel, dalam tahun yang keempat pemerintahan Yoyakim bin Yosia, raja Yehuda:
46:10: Hari itu ialah hari Tuhan ALLAH semesta alam, hari pembalasan untuk melakukan pembalasan kepada para lawan-Nya. Pedang akan makan sampai kenyang, dan akan puas minum darah mereka. Sebab Tuhan ALLAH semesta alam mengadakan korban penyembelihan di tanah utara, dekat sungai Efrat.

Dan nubuatan ini sudah terjadi, dengan kehancuran bangsa Mesir. Yang kalah dari bangsa Assyria dekat sungai Efrat. (bandingkan denga 2 raja-raja 23:29)
Yesaya 19:1
Ucapan ilahi terhadap Mesir. Lihat, TUHAN mengendarai awan yang cepat dan datang ke Mesir, maka berhala-berhala Mesir gemetar di hadapan-Nya, dan hati orang Mesir, merana hancur dalam diri mereka.

Sudah terpenuhi dengan kehancuran Mesir pada tahun 480 SM, juga tercatat dalam:
Yehezkiel 30:3-4
30:3 Hari itu sudah dekat, hari TUHAN sudah dekat, hari dengan awan gelap; itu adalah saat bangsa-bangsa.
30:4 Pedang datang atas Mesir dan Etiopia akan gemetar pada saat berebahan orang-orang yang mati terbunuh di Mesir dan kekayaannya dilarikan dan dasar-dasarnya terbongkar.

Hari tuhan semakin dekat dalam perjanjian Lama di lambangkan dengan Kehancuran babilon dalam Yesaya 13

Yesaya 13:1:
Ucapan ilahi terhadap Babel yang dinyatakan kepada Yesaya bin Amos.

Yesaya 13:6-9:
13:6 Merataplah, sebab hari TUHAN sudah dekat, datangnya sebagai pemusnahan dari Yang Mahakuasa.
13:7 Sebab itu semua tangan akan menjadi lemah lesu, setiap hati manusia akan menjadi tawar,
13:8 dan mereka akan terkejut. Sakit mulas dan sakit beranak akan menyerang mereka, mereka akan menggeliat kesakitan seperti perempuan yang melahirkan. Mereka akan berpandang-pandangan dengan tercengang-cengang, muka mereka seperti orang yang demam.
13:9 Sungguh, hari TUHAN datang dengan kebengisan, dengan gemas dan dengan murka yang menyala-nyala, untuk membuat bumi menjadi sunyi sepi dan untuk memunahkan dari padanya orang-orang yang berdosa.

Kembali sudah di genapi pada tahun 539 SM,di mana raja Cyrus terbunuh dan lahirlah Kerajaan Persia. Lihat referensi sejarah di wikipedia (KLIK DI SINI:
• 539 BC/538 BC—Death of Nabonidus, the last king of Babylon
Zefanya 1:4,7:
1:4 Aku akan mengacungkan tangan-Ku terhadap Yehuda dan terhadap segenap penduduk Yerusalem. Aku akan melenyapkan dari tempat ini sisa-sisa Baal dan nama para imam berhala,
1:7 Berdiam dirilah di hadapan Tuhan ALLAH! Sebab hari TUHAN sudah dekat. Sungguh TUHAN telah menyediakan perjamuan korban dan telah menguduskan para undangan-Nya.
Zefanya 14-15
1:14 Sudah dekat hari TUHAN yang hebat itu, sudah dekat dan datang dengan cepat sekali! Dengar, hari TUHAN pahit, pahlawanpun akan menangis
1:15 Hari kegemasan hari itu, hari kesusahan dan kesulitan, hari kemusnahan dan pemusnahan, hari kegelapan dan kesuraman, hari berawan dan kelam,

Kembali sejarah mencatat kehancuran Yerusalem pada tahun 586 SM referensi sejarahnya:
Kehancuran Yerusalem
Yehezkiel:Kehancuran Yerusalem
Amos 5:18-20
5:18 Celakalah mereka yang menginginkan hari TUHAN! Apakah gunanya hari TUHAN itu bagimu? Hari itu kegelapan, bukan terang!
5:19 Seperti seseorang yang lari terhadap singa, seekor beruang mendatangi dia, dan ketika ia sampai ke rumah, bertopang dengan tangannya ke dinding, seekor ular memagut dia!
5:20 Bukankah hari TUHAN itu kegelapan dan bukan terang, kelam kabut dan tidak bercahaya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my song

Pengikut